JIka Bayi Terserang Flu

Juli 18, 2008 at 10:53 am 4 komentar

“Hacih…”, Ksatria bersin lagi tadi pagi di rumah. Aduh kena flu dia?

Saya memang punya penyakit flu menahun, Ibunya juga sering flu. Takutnya Ksatria tertular kami. Gimana ya, apa gejala bayi flu? Apa bahayanya? Kapan harus ke dokter?

Kemarin sih ketika Ksatria sempat mencret2, meski tidak banyak, kami diamkan saja dua hari. Hari ketiga saya belikan Kaopectate, obat diare untuk bayi. Sudah dibeli, mencretnya malah hilang. Sekarang flu…hmm say apun browsing sana sini untuk mencari infomrasi seputar bayi flu.

Dari http://www.conectique.com, didapat artikel ini, moga berguna ya…

Si Kecil Terserang Flu

Saat si kecil terserang flu, pasti ia akan merasa tersiksa. Hidungnya tersumbat, kepalanya pening serta persendiannya pasti linu. Tak heran jika anak akan rewel dan menangis terus. Kondisi ini tentu saja akan membuat ibu menjadi cemas dan panik Padahal, walau terlihat tersiksa, batita atau balita sebenarnya punya daya tahan yang cukup untuk menghadapi serangan flu.

Mengapa bisa terserang flu?

Flu muncul akibat sistem kekebalan tubuh si kecil yang belum sempurna hingga virus flu mudah menyerang, terutama pada bayi. Perlu dicatat, bersin dan batuk-batuk pada bayi yang sedang flu sebenarnya merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuhnya dalam melawan virus.

Gejalanya
Hampir sama dengan orang dewasa, flu pada bayi biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti bersin, hidung tersumbat, ingusan, dan batuk. Normalnya, flu yang menyerang anak biasanya akan berlangsung selama lima hingga enam hari.

Penularan
Batita dan balita biasanya tertular flu lewat sentuhan, bukan lewat udara yang disemburkan oleh seseorang ketika bersin. Proses itu, dimulai ketika orang yang sakit flu menyentuh tangan si anak atau bertukar mainan, kemudian meneteslah cairan hidung pada kulit atau mainan anak. Nah, ketika anak menyentuh mainan tersebut virus itu pun masuk ke tubuhnya lewat hidung.

Pengobatan
Sebenarnya flu tidak ada obatnya. Penyakit ini akan sembuh sendiri seiring dengan meningkatkan kondisi tubuh penderita. Obat yang biasanya diberikan oleh sebenarnya bukan untuk menyembuhkan flu melainkan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang muncul seperti hidung tersumbat, bersin, ingusan, dan demam. Itu sebabnya dokter biasanya merekomendasikan acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit dan demam.

Bayi, batita dan balita merupakan kelompok umur yang sangat rentan terhadap efek samping yang mungkin ditimbulkan obat flu. Sebab obat flu biasanya menimbulkan reaksi seperti kafein yaitu meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Jadi jangan heran jika pasca diberikan obat flu biasanya semakin membuat si kecil semakin tambah rewel dan gelisah serta sulit tidur.

Tips untuk Ibu
Ketika si kecil terserang flu, biasanya asupan makanan tidak optimal karena ia tidak berselera untuk makan. Itu sebabnya upayakan agar mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi, misalnya ASI atau susu formula. Meskipun hanya berupa cairan, ASI dan susu formula memiliki kecukupan gizi yang tinggi sehingga sangat membantu proses pemulihan.
Jika anak masih rewel dan tak mau makan atau minum, siasati saja dengan cara menyuapinya sedikit demi sedikit. Agar tidak terasa eneg, bisa diberikan air putih atau jus buah sehingga terasa lebih segar.

Berikan rasa nyaman pada si kecil, sebab dalam kondisi seperti ini si kecil cenderung rewel dan menangis terus. Rasa nyaman akan membantunya beristirahat dengan enak sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Kapan Harus ke Dokter?
Sebagian besar kasus flu akan sembuh sendiri seiring membaiknya kondisi tubuh anak. Tapi ada kalanya, anak-anak yang terserang flu perlu segera mendapat pertolongan medis. Seperti:
1. Napas cepat atau tersengal.
2. Kondisinya makin memburuk dengan tanda-tanda pucat, tampak lemas, dan tak mau bicara.
3. Demam tinggi lebih dari dua hari atau lebih.
4. Anak tampak sangat kesakitan dan pertolongan ringan dari orangtua sama sekali tidak membantu.

Entry filed under: Science of a Baby. Tags: , , , , , , , , .

Jika Bayi Mencret

4 Komentar Add your own

  • 1. Hardono  |  Oktober 8, 2008 pukul 4:17 am

    Thank ya untuk infonya, bisa jadi referensiku kalau ntar bidadariku juga ikut flu (tapi semoga tidak) hehe

    Balas
  • 2. bunda  |  November 21, 2008 pukul 6:00 am

    Trims infonya. Membantu bgt

    Balas
  • 3. Cut Elyanti  |  April 15, 2009 pukul 7:50 am

    saya ibu ely,saya mau nanya anak saya berusia 8 bulan dia terserang flu dan dia sangat rewl sekali,nangis aja saya sngat kasian lhat dia nangis terus biasanya dia ceria.gmana caranya mengatasi anak kena flu.thank’s

    Balas
  • 4. Dewi  |  September 29, 2009 pukul 1:13 pm

    Sekarang anak saya lg flu,thanx banget infonya sangat bermanfaat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

Flickr Photos

wing1

sekolah1

car free day6

car free day5

car free day4

Lebih Banyak Foto
Indonesian Muslim Blogger

Add to Technorati Favorites

Beri Tahu Saya Jika Ada Posting Baru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


%d blogger menyukai ini: